Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Indonesia Lagi - Kalem Bro

Updates

Kalem Bro

The Future Is Always Beginnig Now

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, October 11, 2013

Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Indonesia Lagi


Jika kita tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, apa jadinya coba? Sedangkan di Indonesia sendiri terdiri dari ratusan bahasa yang berbeda – beda disetiap daerahnya . Misalkan saja kalau kita berkunjung  ke daerah Semarang disana masyarakatnya menggunakan bahasa jawa, sedangkan di daerah Bandung masyarakatnya menggunakan bahasa sunda, oleh karena itu bahasa Indonesia sangat diperlukan untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi . 

Jangan hanya jadikan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi semata, tetapi jadikan juga bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa serta alat mengembangkan kebudayaan. Selain itu, anggaplah bahasa Indonesia sebagai kebanggan diri kita karena bahasa Indonesia merupakan identitas negara kita dan juga menjadi identitas kita pada saat kita menggunakan bahasa Indonesia dengan rasa bangga. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Bahasa Indonesia telah berhasil menyatukan semangat para pemuda untuk bersatu pada saat Sumpah Pemuda tahun 1982. Karena itulah, bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang berbeda-beda ini.

Dengan lebih dari 230 juta penduduk yang Indonesia miliki, dengan mampu berbahasa Indonesia, maka akan membuka lebih banyak kesempatan dan peluang bagi Anda untuk memperluas jaringan dan kehidupan sosial Anda. Saya yakin bahwa akan menjadi pengalaman yang hebat dan menyenangkan bagi Anda untuk dapat mempunyai lebih banyak teman yang berasal dari latar belakang etnis dan berbicara bahasa yang berbeda dari Anda. 

Perlu kita ketahui kita juga harus bisa menguasai bahasa baku di dalam bahasa Indonesia karena bahasa baku inilah yang nantinya digunakan jika kita ingin menulis , penulisan ilmiah , skripsi dll. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar harus juga kita kuasai, dan kita pun harus menguasai tata krama dalam berbahasa Indonesia, tergantung lawan bicara kita, misalnya jika kita sedang berbicara kepada dosen kita harus menggunakan bahasa yang sopan, jangan menggunakan bahasa pergaulan karena biasanya itu tidak sopan. Itulah sebabnya kenapa kita harus bisa dan belajar bahasa Indonesia.

Mengapa harus belajar bahasa Indonesia, pada dasarnya banyak orang yang menganggap belajar bahasa Indonesia itu mudah akan tetapi penerapannya dan hasil yang dicapai dalam belajar bahasa Indonesia tidak sesuai dengan ucapan yang dibilang mudah tersebut. Menurut saya mengapa harus belajar bahasa Indonesia itu penting , karena bahasa Indonesia adalah bahasa yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dari kehidupan tersebut kita belum menggunakan dengan baik dan benar bagaimana kita bisa mengunakan bahasa lain sedangkan bahasa sendiri kita saja belum benar dan baik menggunakan . 

seperti pada saat menulis , membaca , menyimak , dan menerima suatu media yang berhubungan erat serta sering digunakan dalam sehari-hari dengan bahasa kita belum baik dan benar melakukannya . Sering kali kita sulit mengetahui arti dari bahasa kita sendiri dan sulit untuk menggunakan bahasa Indonesia, Padahal bahasa itu milik kita.

Bagaimana kita bisa disebut sebagai bangsa Indonesia kalau kita tidak mengetahui bahasa kita sendiri ,alangkah sedihnya kita kalau sampai bangsa lain tahu dan bagaimana kita bisa memberikan contoh yang baik, menceritakan sejarahnya untuk generasi kita berikutnya kalau kitanya sendiri tidak mengetahui tentang bahasa itu sendiri yaitu bahasa Indonesia. Oleh sebab itu mengapa pentingnya belajar bahasa Indonesia menurut saya .


2 comments:

  1. tapi dalam praktinya di dalam komunikasi sehari-hari ternyata kesulitan jika menggunakan bahasa baku sesuai EYD, sehingga yang saya alami memakai bahasa campuran Jawa Indonesia
    Matur Suwun
    Harga Jual Senapan Gejluk Model Terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena belum terbiasa aja mas jadinya agak susah, saya juga dulu begitu mas bahasa jawa campur bahasa indonesia pas awal-awal ke jakarta, lambat launya waktu karena sering ngomong pake bahasa indonesia jadinya engga lagi ngomong campuran bahasa jawa dan bahsa indonesia.

      matur nuwun
      semoga sukses jualanya mas

      Delete

Post Top Ad

Responsive Ads Here